Setiawan as-Sasaki

Home » MUTIARA KATA ISLAMI » Dwi Budiyanto

Dwi Budiyanto


Sumber: Facebook (Dwi Budiyanto)

Sumber: Facebook (Dwi Budiyanto)

Kalau kita memikirkan kebahagiaan, kita akan bahagia. Kalau kita berpikiran sedih, kita akan menjadi sedih. Kalau kita berpikiran bisa, insyaAllah kita akan bisa. Jika kita berpikiran gagal, maka bisa jadi kita akan benar-benar gagal. Kalau kita berpikiran bahwa kita bodoh dan tidak bisa menguasai pelajaran, maka ia akan menggiring kita menjadi benar-benar bodoh. Begitu seterusnya. Sekali lagi pikiran kita menentukan tindakan Anda

Pikiran kita bisa menjadi sumber nutrisi yang diperlukan oleh diri kita, tetapi juga bisa menjadi racun yang mematikan diri kita. Dengan kata lain, kawan dan musuh terbesar kita adalah pikiran kita. Sungguh, kita banyak menemukan bahwa kesenangan dan kesulitan hidup lebih banyak dikondisikan oleh pikiran kita daripada kenyataan objektif hidup kita. Kadang kala bukan masalah yang membuat kita menjadi berat, tetapi sikap kita dalam menanggapi masalahlah yang menjadikan kita berat.

Kemauan dan tekad merupakan modal untuk melahirkan tindakan. Jika pikiran merupakan akar yang membentuk karakter, maka kemauan dan tekad merupakan jembatan yang menghubungkan antara pikiran dengan tindakan.

Perasaan cinta adalah komponen yang dihasilkan oleh dimensi emosi kita. Mencintai apa yang kita lakukan akan mendahsyatkan kemampuan kita.

Satu satuan waktu bagi setiap Muslim harus berbanding lurus dengan (minimal) satu unit amal.

Keyakinan bahwa diri kita bisa melakukan sesuatu, semestinya lahir dari keimanan dan bukan muncul dari kesombongan diri.

Sumber:
Dwi Budiyanto, 2012, Prophetic Learning, Yogyakarta: Pro-U Media
Cetakan ke-3, April 2012

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: