Setiawan as-Sasaki

Home » MUTIARA KATA ISLAMI » Mohammad Fauzil Adhim

Mohammad Fauzil Adhim


Sumber: Facebook (Mohammad Fauzil Adhim)

Sumber: Facebook (Mohammad Fauzil Adhim)

Berawal dari jiwa yang lemah atau karena mata yang telah digelapkan oleh dunia, kita bisa kehilangan ‘izzah (kehormatan diri). Bila kehormatan diri sudah tidak ada lagi, maka kita pun akan kehilangan ‘iffah. Kita tidak mampu menjaga diri kita sehingga bangunan kebajikan yang kita bangun menjadi rapuh dan mudah runtuh.

Sepanjang sejarah peradaban, kebesaran selalu dibangun oleh jiwa yang kokoh, pemikiran yang matang, mental yang dapat diandalkan dan hati yang teguh. Perubahan-perubahan besar selalu berangkat dari jiwa. Bukan harta dan kekuasaan. Jika jiwa kita berubah, maka akan berubah cara kita memaknai apa-apa yang ada di sekeliling kita. Selanjutnya, berubah pula sikap kita, penerimaan kita dan perilaku kita.

Banyak pelajaran hadir di hadapan kita, tetapi lebih banyak yang hikmahnya hanya yang kita rasakan saat bercanda. Kita tak menemukan pelajaran apa-apa, karena amat sedikit yang kita renungkan. Padahal, betapa banyak pelajaran hidup yang bisa kita ambil kalau nurani kita masih bersih; atau kalau kita mau berhenti sejenak untuk merenung.

Alangkah banyak nikmat yang kita rasakan, tetapi alangkah sedikit yang kita syukuri. Alangkah banyak anugerah yang kita nikmati, tetapi alngkah seringnya kita lambat menyadari. Kita ingin mensyukuri dan mempergunakannya untuk kebajikan di jalan Allah, hanya ketika nikmat itu sudah tidak ada lagi bersama kita.

Alangkah banyak nikmat yang tak sanggup kita syukuri. Bahkan menyadari pun tidak. Allah memberi kita tanpa menghitung-hitung, sementara untuk memujiNya sekali lagi, kita sudah sibuk menghitung pahala atas amal-amal kita yang tak seberapa. Padahal, di sisi Allah nikmat yang lebih besar. Jauh lebih besar.

Sumber:
Mohammad Fauzil Adhim, 2012, Mencari Ketenangan di Tengah Kesibukan, Yogyakarta: Pro-U Media
Cetakan ke-1, 2012; Cetakan ke-2, November 2012

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: