Setiawan as-Sasaki

Home » KEMBANGKAN DIRIMU! » Training Kepemimpinan II Pengurus Daerah (PD) KAMMI NTB

Training Kepemimpinan II Pengurus Daerah (PD) KAMMI NTB


Sumber: Dokumentasi Panitia DM II

Sumber: Dokumentasi Panitia DM II

Nama aslinya Daurah Marhalah (DM) tapi sering disebut Training Kepemimpinan. Kegiatan ini merupakan jenjang selanjutnya bagi seorang kader KAMMI yang sudah mengikuti Training Kepemimpinan I di KAMMI komisariat masing-masing. Setelah lulus seleksi tes tertulis maupun wawancara sebagai calon peserta DM II. Maka wajib bagi kader untuk mengikutinya.

Tema besar yang diangkat pada Training Kepemimpinan II kali ini yaitu “Akselerasi Peran Muslim Negarawan untuk Mewujudkan Gerakan Pemuda yang Kontributif dalam Pembangunan Bangsa yang Madani.”

Dilaksanakan selama empat hari. Hari Kamis-Minggu, 03-06 Januari 2013 bertempat di Wisma Nusantara Mataram. Dimulai dari pukul 07.30 pada hari Kamis dan berakhir pukul 17.30 pada hari Minggu. Alhamdulillah acara berjalan cukup lancar walaupun dalam pelaksanaannya ada sedikit ketidaksesuaian antara draft acara yang telah dibuat oleh tim panitia dengan kondisi riil yang terjadi di lapangan.

Total peserta yang dinyatakan lulus untuk mengikuti Training Kepemimpinan II dari 8 Komisariat yang ada di NTB berjumlah 87 peserta -ikhwan dan akhwat-. Tapi yang positif mengikuti acara hanya 73 peserta. Dan sebagian besar peserta berasal dari KAMMI Komisariat Universitas Mataram.

Adapun materi-materi training pada acara ini totalnya berjumlah 10 materi, yaitu: 1) Konsep Ummah -Masyarakat Islami- disampaikan oleh Ustadz L. Ahmad Busyairi, MA. 2) Konsep Negara Perspektif Al-Qur’an dan As-Sunnah oleh Ustadz H. Patompo Adnan, Lc., MH. 3) Rekayasa Sosial oleh Luthon Al Faridhu, ST. 4) Mapping Life Building -Membangun Peta Hidup- oleh Mardiana Sari. 5) Studi Perbandingan Mazhab dan pemikiran dalam Islam oleh Syamsudin Kadir, SH., MA. 6) Strategi Bertahan Hidup oleh Yuniarto Agung Wahyudi. 7) Studi Kritis Pemikiran Tokoh-Tokoh Pergerakan Islam Kontemporer oleh TGH. Satriawan, Lc., MA. 8) Studi Geografis, Sosiologis dan Potensi Daerah NTB oleh Lalu Fahrurrozi, ST. 9) Studi Kepemimpinan dalam Islam oleh Iwan Wahyudi, SP. 10) Tafsir Paradigma Gerakan KAMMI oleh Ainul Rahman, ST.

Selain itu di acara ini juga diadakan bedah buku “Spirit to Your Succes” oleh penulisnya langsung, Syamsudin Kadir, SH., MA. (Kaderisasi KAMMI Pusat) pada hari Sabtu, 05 Januari 2013 pukul 13.30-15.30.

Peserta terbaik pada acara ini yaitu M. Yaman (Komisariat UNRAM) dan Lale Yuyun Puspitasari (Komisariat IKIP).

Dan acara ini diakhiri dengan taujih penyemangat dari salah satu dewan penasehat PD KAMMI NTB, Nuriyanti Tadjuddin, SE., ME. sebelum acara ditutup dengan pembacaan kontrak komitmen dan pelantikan oleh kedua peserta terbaik dan ketua KAMDA, Ahmad Dahlan, S.Pd. (Awan)

Advertisements

1 Comment

  1. izzus says:

    mantabbb

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: