Setiawan as-Sasaki

Home » MUHASABAH DIRI » Cerita Masa SMA, Lanjut Kuliah atau Tidak

Cerita Masa SMA, Lanjut Kuliah atau Tidak


Saya teringat ketika masa-masa SMA. Ya, tentang sebuah harapan yang menjadi mimpi dan cita-cita. Waktu itu tepatnya saya kelas XII. Hari-hari kami dipenuhi dengan belajar, belajar dan belajar untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian nasional. Di waktu-waktu luang seperti jam istirahat kami pun tak jarang menyempatkan diri untuk bercerita tentang mimpi dan cita-cita setelah lulus ujian nanti. Apakah lanjut ke jenjang berikutnya yaitu kuliah? Langsung bekerja? Menikah? Atau jadi pengangguran dulu.

Pada suatu kesempatan saya ditanya oleh teman-teman. Den setelah lulus ujian mau melanjutkan kemana? UNRAM atau kampus-kampus di Pulau Jawa. Saya pun menjawab tidak tahu apakah bisa melanjutkan sampai ke jenjang kuliah atau tidak. Kalau ada biaya,  saya sih cukup UNRAM saja biar kalau mau pulang kampung mudah. Kemudian mereka pun melanjutkan pertanyaannya. Mau ngambil jurusan apa? Apa saja yang penting bisa kuliah, ungkap saya. Karena kondisi finansial saat itu memang tidak memungkinkan untuk bisa melanjutkan ke jenjang kuliah.

Dan alhamdulillah ternyata saya benar-benar bisa kuliah. Karena mendapat beasiswa Bidikmisi yang diperuntukkan bagi siswa kurang mampu dari segi finansial tapi berprestasi di bidang akademiknya. Tentu ini adalah berkat karuniaNya. Dia lah yang membuat sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin terjadi. Asalkan kita mau mengikhtiarkan suatu itu dan tentunya dibarengi dengan do’a.

Hati-hati dengan perkataan yang kita ucapkan, karena ia bisa menjadi do’a yang diaminkan oleh malaikat-malaikatNya. Ya, tersebab itulah mungkin kondisi yang terjadi pada saya saat ini. Kuliah saya biasa-biasa saja. Artinya belajar kurang maksimal, semangat dan motivasi kuliah biasa-biasa saja. Dan IP tidak begitu bagus pula.

Tapi kalau masalah dakwah masyaAllah luar biasa semangat. Semoga kedepannya antara semangat kuliah dan dakwah bisa seimbang. Sehingga terlahirlah keselarasan dalam menuntut ilmu. Dunia dan akhirat. Amin.

Berbicara tentang program studi yang saya sedang jalani saat ini; Pendidikan Bahasa Inggris. (Kembali ke masa SMA). Maka ada dua hal penting; lanjut kuliah atau tidak. Kenapa seperti itu? Karena ketika saya mau memilih program studi yang akan diambil nantinya; Geografi dan sejarah ternyata keduanya belum ada di UNRAM. Dan karena saya memilih opsi yang pertama; lanjut kuliah maka saya memilih program studi Pendidikan Bahasa Inggris. Walaupun keinginan dan minat saya kurang sebenarnya dalam bahasa Inggris.

Terlepas dari itu semua semoga diri ini selalu bisa bersyukur atas apa yang telah ditakdirkan oleh Allah ‘Azza wa Jalla. Karena sungguh ia lebih tahu tentang hal yang terbaik untuk kita daripada diri kita sendiri. Jadi terima dan jalani saja lah semua hal itu, karena ia adalah karunia terbaikNya untuk kita.

Teruntuk sahabat-sahabat ku kelas XII IPS 3 angkatan 2009-2010 SMAN 1 Tanjung. Semoga sukses selalu. Apapun yang sedang kalian jalani sekarang. InsyaAllah itulah yang terbaik. Entah sedang studi; kuliah, sudah menikah, sudah bekerja atau masih belum punya pekerjaan. Allahumma ‘Amin.

Jum’at, 04 April 2013
Pukul 07.24 di Masjid Baabul Hikmah Universitas Mataram

Leave a Reply

