Setiawan as-Sasaki

Home » DAKWAH KAMPUS UNRAM » Benih-Benih Inspirasi

Benih-Benih Inspirasi


Sumber: 2.bp.blogspot.com

Sumber: 2.bp.blogspot.com

Nasihat adalah Islam itu sendiri. Sementara Islam dilakukan melalui ucapan dan perbuatan.
-Ibnu Bathol-

Ibarat buah matang yang terjatuh dari pohonnya. Ia pasti mempunyai biji di dalam buahnya. Yang kelak biji itu akan menjadi benih, lalu tumbuh dan menjadi besar seperti induknya. Ya, seperti itulah kekata yang terucap dari seseorang. Ia akan terekam oleh orang lain. Tercatat oleh pena. Terabadikan dalam sebuah catatan. Dan jadilah ia benih-benih inspirasi yang kelak akan tumbuh menjadi pohon inspirator bagi banyak orang yang ikhlas menyeksamai.

Inilah sebuah ilustrasi sederhana dari saya yang terangkai dalam sebuah paragraf singkat. Tapi semoga bisa mewakili betapa besarnya manfaat dari kekata yang telah terucap. Teruntuk antum wa antunna para penggiat dan penikmat dakwah. Semoga menuai barakah. Amin.

Berikut adalah beberapa kekata yang menjadi benih-benih inspirasi dari Aktivis Dakwah Kampus (ADK) UNRAM untuk dakwah tercinta. Yang terkutip dari update status di Facebook dan beberapa tulisan. Asalnya terserak dan sekarang terkumpul. Utuh menjadi satu kesatuan. Semoga terikhlaskan. Karena saya kutip tanpa izin. Selamat memaknai semoga ada kebermanfaatan.

—————————————————————————————————————-

Kenapa jadi anak Kucing yang malu-malu mengeong ketika pulang ke daerah asal, padahal di kampus bagaikan Harimau yang jangankan mengaung, nguapnya saja menakutkan. Kenapa jadi Lele yang muncul ke permukaan saja malu malu, padahal ketika di kampus bagaikan Hiu jangankan taringnya, siripnya saja membuat orang minder.

Ustadz Mujahidin, S.Pd. (Kader LDK BHi UNRAM )

Tidak memiliki impian itu menyedihkan, tapi lebih menyedihkan lagi ketika Anda memiliki impian, lalu melepaskannya.

Sulit bersama lebih dikenang daripada senang bersama, sebagai sahabat jangan hanya hadir dalam kesenangan. Temani juga mereka dalam setiap keadaan, itulah yang membuat nilai persahabatan menjadi “istimewa”.

Jangan pernah ragukan kemampuan Allah di dalam mengabulkan doa kita. Doa yang terbaik. Ikhtiar yang terbaik. Tawakkal yang terbaik. Bakalan dapat yang terbaik. Allaahumma sholli ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aalih.

Zaid Arsyad Hidayat, S.Pd. (Ketum MT Al-Kahfi FKIP UNRAM 2010)

Iman yang bersinar, ketaatan yang melesat, keyakinan yang membumbung ‘kan menjadikanmu berkilau.

Ratnawati Hamid (Kokept LDK Bhi UNRAM 2011

Derajat pengakuanku semakin bulat, bahwa dalam tubuh lemah lembutnya. Ibu adalah orang yang kuat, tak mudah mengeluh dan rela berkorban. Kita sampai pada fase ini juga berkat perjuangan ibu.

M. Fauzi Muhajir, S.Pd. (Ketua BEM UNRAM  2011)

Ya Allah jadikanlah dunia ini berada dalam genggaman hamba-hambaMu yang beriman, dan jangan pernah dunia ini masuk kedalam hati kami.

Ahmad Rizal Khadapi (Ketua DPM UNRAM 2012)   

Ya Allah, jika aku jatuh cinta, cintakanlah aku pada orang-orang yang melabuhkan cintaNya padaMu agar bertambah kekuatanku untuk mencintaiMu. Ya Allah, jika aku rindu, jagalah rinduku agar tidak lalai aku merindukan syurgaMu.

Septiana Widi Saputri (Korwat Dept. Publikasi MT Al-Kahfi FKIP UNRAM 2011)

Ajarkanlah kepada dirimu, bahwa engkau memiliki satu tubuh maka hargailah, satu akal maka pandaikanlah, dan satu kehidupan maka jalanilah.

Tubuh pejuang itu terbentuk dari serpihan harapan-harapan. Karena pejuang adalah mewujudkan harapan. Pahlawan adalah pejuang yang mampu mewujudkan harapanharapan. Semoga kita mampu mengubh harapan menjadi kenyataan, sehingga tropi kepahlawanan itu menjadi hak kita.

Junardi (Kakom KAMMI UNRAM 2010-2011)

Cinta itu milik semua manusia, aku bungkam soal cinta, bukan karena aku mati rasa, tapi sekali lagi ini hanya soal seni mengelola hati. Ibarat perencanaan tata ruang, ada wilayah yang dilindungi, dan ada wilayah yang bisa di eksploitasi, kita harus jeli melihat dan mengelola, mana yang menjadi kawasan lindung dan mana yang menjadi kawasan budidaya (eksploitasi) dalam batasan bentangan ruang bernama hati.

Muhammad Nurjihadi, S.P. (Kakom KAMMI UNRAM 2009-2010)

Perkuat ketahanan diri, untuk mencapai tingkat statis dalam perjalanan ini, karena jika tidak mendaki, biarlah menjadi datar dalam keistiqamahan. Karena itu jauh lebih baik daripada menurun dan kembali ke awal.

Chaerul Wansyah Putra (Sekretaris UKM argUMent UNRAM 2013)

Godaan untuk berbelok arah memang menggiurkan. Bahkan semakin kuat, tapi harus tetap yakin bahwa kesabaran pada kebaikan akan jauh lebih indah balasannya.

Sebelum bertanding mengalahkan lawan, kalahkan dulu diri kita sendiri! Dalam hidup sehari-hari kita harus bisa mengalahkan kemalasan, menghalau iri hari, dan meredam kecemasan. Mengalahkan diri sendiri membuat kita menjadi lawan yang tangguh dan sportif di mata orang lain.

Dody Tisna Amijaya, S.Pd. (Ketum MT Al-Kahfi FKIP UNRAM 2009)

Jadikan Al-Qur’an dan hadits sebagai landasan kepemimpinan. Jangan sampai kemewahan dunia butakan mata. Sehingga kita menjadi orang yang sengsara.

Abdurrahman Ahmad (Ketum MT Al-Kahfi FKIP UNRAM 2013)

Tidak ada gunanya menunda ketaatan karena ujung-ujungnya kita akan mati jua. Kesetiaan adalah kata lain dari mati. Pengkhianatan juga adalah kata lain dari mati. Tapi setia sampai mati adalah kehormatan. Bersaudara karena ikatan aqidah, bukan dunia!

Alm. Ahmad Yani (Sekum LDK Bhi UNRAM 2012)

Dakwah telah memberikan ‘ku banyak hal. Bahkan lebih banyak dari apa yang bisa ‘ku berikan untuknya.

Farida Rozalina (DPO LDK Bhi 2012-2013)

Jika kita hanya memikirkan sisi negatif dari setiap kenyataan, yang ada hanyalah belenggu yang menyebabkan tidak tenang bekerja dan menghambat kemajuan. Dengan berpikir positif kita akan menemukan banyak jalan keluar.

Abdul Malik, S.Pd. (Ketum MT Al-Kahfi FKIP UNRAM 2008)

Masa muda adalah anugerah dari Allah. Masa terindah dan semangat-semangat masih berlimpah. Maka berdakwahlah. Agar masa muda penuh barakah.

Kekuatan kata-kata seseorang terletak pada sejauh mana referensi pemikirannya. Dan sejauh mana ia mampu mempraktikkan terlebih dahulu ucapannya. Sehingga kata-kata yang terucap mempunyai ruh yang mampu mempengaruhi.

Selalu bersyukurlah dalam menjalani hidup ini. Tak peduli apakah karunia melimpah atau musibah besar yang sedang kita alami. Karena dengan bersyukur semua akan terasa indah; penuh barakah dan ridhaNya. Maka nikmati dan laluilah dengan sepenuh iman.

Cinta adalah keniscayaan. Pasti ada dalam diri tiap insan. Ia adalah sumber kekuatan. Teruntuk mengarungi singkatnya kehidupan.

R. Setiawan (Sekum LDK Bhi UNRAM 2013)

Oleh: R. Setiawan
Sang Pemungut Benih-Benih Inspirasi

Islamic Centre Al-Hunafa
Selasa, 09 April 2013 Qobla Ashar

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: